Sunday, July 6, 2008

Repotnya Kalau Si Toshi Sakit

Huaa....! Akhirnya setelah beberapa hari absen dari blogging dan inet kembali juga Chubby. Ga tau kenapa selama 2 minggu ini Chubby merasa kehabisan waktu terus dan masalah datang bertubi-tubi. Mulai dari tersitanya waktu buat belajar dan kerja TA belum lagi Toshi si Lappie Toshiba kesayangan Chubby terserang trojan trus ketambahan masalah OSnya jadi kacau ga bisa dibuat booting sampe keluar error blue screen.

Kemarin Jumat 4 Juli tengah malem Chubby asik-asiknya ngopi file tutorial buat belajar Flex. Di tengah-tengah ngopi tiba-tiba si Toshi menampilkan layar blue screen dengan error UNMOUNTABLE_BOOT_VOLUME. Pertama-tama Chubby coba restart dulu. Sebelumnya Chubby pernah kena error blue screen-nya si Toshi tapi biasanya setelah semuanya kembali jalan normal. Nah, yang hari Jumat kemarin error blue screen-nya bandel. Udah di-restart masih ga mau ilang bahkan Chubby ga bisa masuk Windows-nya. Awalnya sih sebel biasa aja tapi waktu teringet kalau sebagian TA Chubby masih ada yang disimpan di direktori OS langsung kepanikan melanda Chubby. Untung di rumah tersedia lebih PC jadi biarpun laptop bermasalah Chubby masih bisa googling buat cari solusinya. Langsung aja ga pake lama Chubby googling dengan keyword nama error-nya dan ternyata banyak orang yang mengalami error yang sama ini pada Windows. Dari hasil googling udah ada solusinya sih buat ngembalikan OS tanpa merusak data-data yang ada tapi Chubby masih ragu. Chubby ga berani sembarangan soalnya data-data penting buat TA sebagian ada di sana semua. Sambil googling sambil OL Chubby tanya-tanya ke teman-teman yang biasa nangani komputer. Teman-teman menyarankan buat kopi dulu data di hardisk si Toshi sebagai hardisk slave ke tempat lain buat selametin datanya dulu. Setelah Chubby runding-runding dan pikir-pikir akhirnya Chubby putusin malem itu jangan dicoba-coba lagi utek-utek si Toshi. Takutnya datanya hilang beneran.

Besok paginya hari Sabtu Chubby bangun pagi-pagi konsultasi ama bokap gimana enaknya nangani problemnya si Toshi ini. Untungnya bokap Chubby bukan orang gaptek IT bahkan bisa dibilang lebih pengalaman daripada Chubby yang sudah tercatat mahasiswi IT selama 4 tahun. Bokap nyaranin beli hardisk external aja buat nampung datanya trus minta tolong sekalian ke toko yang jual buat buka hardisk laptop dan transfer ke hardisk external. Berbekal saran dari bokap Chubby menuju ke toko langganan di daerah dekat kampus. Sesudah tanya-tanya harga dan ngebandingin barang akhirnya Chubby putusin beli hardisk 2,5" 160G + Rock casing seharga Rp 800.000,-. Setelah barang ada dan sudah dibayar Chubby langsung minta teknisinya buat transferin datanya dari hardisk laptop ke hardisk baru. Dengan hati dag dig dug Chubby menunggu teknisi transfer data. Tapi tidak disangka ga lama kemudian si teknisi keluar lagi bilangin kalau ga bisa dibetulin kecuali install ulang OS yang berarti data TA akan hilang. Huaa...! I felt I just lost my heart that time. Trus Chubby kontak bokap laporin situasinya akhirnya setelah diskusi ama bokap diputusin kita perbaiki sendiri aja di rumah.

Malemnya setelah bokap pulang kerja akhirnya dicoba pake booting CD Ubuntu versi terbaru buat akses ke direktori OS dari hardisk laptop. And ternyata sukses...! Fiuh, serasa ga percaya deh Chubby kalo data udah diselamatkan. Hati masih agak lama dag dig dug serasa hard to believe. Gimana ga hard to believe dari situasi di mana teknisi memvonis data ga bisa diselamatin bahkan kemungkinan besar hardisknya bad sector. Nah, tau sendiri kan gimana hardisk kalau udah bad sector. Dan tak disangka hanya dengan program booting OS Linux udah bisa menyelamatkan datanya Chubby. Hati ini masih setengah ilang serasa abis naik rollercoaster. Setelah berhasil mengamankan data hardisk Chubby mencoba cara yang didapat dari hasil googling dan ternyata cara tersebut berhasil. What a miracle! Kayanya hard to believe error yang sampe blue screen seperti itu bisa disembuhin dengan cara yang simpel banget. Nih caranya bisa dilihat di bawah ini. Cara ini diambil dari microsoft support di sini.
  1. Start your computer by using the Windows startup disks, or with the Windows installation disk if your computer can start from the CD drive.
  2. When the Welcome to Setup screen appears, press "R" to select the repair option.
  3. If you have a dual-boot or multiple-boot computer, select the Windows installation that you want to access from the Recovery Console.
  4. Type the administrator password when you are prompted to do this.Note If no administrator password exists, press ENTER.
  5. At the command prompt, on the drive where Windows is installed, type this : "chkdsk /r", and then press ENTER.
  6. At the command prompt, type exit, and then press ENTER to restart your computer.

Hanya dengan langkah-langkah simple di atas maka error blue screen si Toshi bisa disembuhkan. Hanya saja waktu yang diperlukan untuk proses di atas cukup lama. Rasanya bisa beberapa jam tergantung dari tingkat error. Waktu Chubby lakukan kemarin sampai tengah malam belum selesai akhirnya Chubby ketiduran deh. Tapi Olala betapa leganya hati ini esoknya sudah bisa melihat wajah ceria si Toshi seperti biasanya. Thanx God.

No comments:

Post a Comment