Sunday, July 6, 2008

Jangan Menyerah & Percayalah

Kemarin waktu dilanda masalah si Toshi dan sempat divonis kalau data TA ga mungkin diselamatkan Chubby sempat gusar. What's going on? After those all my efforts why this happened to me? Kurang apa sih Chubby kok kena error segini anehnya. Teman-teman Chubby rasanya ga seapes Chubby deh. Napa Chubby selalu apes dengan komputer? Apa Chubby ini sial dengan benda yang namanya komputer?

Chubby merenung bertanya pada Tuhan. Apa yang terjadi sih Tuhan? Chubby ga ngerti kenapa semua ini terjadi. Chubby juga bingung napa kok apes gini sih. Padahal kan Tuhan tahu Chubby pengen semua ini cepet selesai kok malah banyak hambatan gini. Kalau semuanya seperti ini Chubby mana bisa selesaikan TA ini akhir Juli. Padahal kan Tuhan tahu Chubby butuh semua ini selesai akhir Juli. What's going on? Timbul rasa gusar dan marah di hati Chubby. Chubby ga berani marah sama Tuhan tapi entah emosi ini timbul di hati.

Seharian Chubby terus berpikir apa yang akan terjadi kalau data-data tersebut benar-benar hilang. Apa yang akan Chubby lakukan kalau Chubby harus mengulang semuanya itu? Membuat semuanya itu tidak mudah. Chubby telah habiskan 2-3 bulan terakhir untuk membuat semuanya itu mulai dari sistem, buku sampai dengan programnya. Chubby tahu itu belum bisa dibilang hampir selesai tapi kalau Chubby disuruh membuat ulang rasanya tidak mungkin selesai tepat waktu supaya Chubby bisa wisuda tahun ini. Chubby sempat putus asa. Chubby berpikir jika memang data tersebut benar-benar hilang ga ngurus dah kalau Chubby ga wisuda tahun ini. Bah, yah udah kalo ga wisuda tahun ini napa toh emangnya. Kalo udah hancur yah udah hancurin aja semua sekalian. Dengan rasa gusar Chubby terus menerus merenungkan semua yang terjadi.

Setelah akhirnya masalah si Toshi berhasil dibereskan tetap saja hati Chubby masih agak gusar bertanya-tanya kenapa semua ini terjadi. Ini semua tidak seharusnya terjadi. Tidak adil kalau ini terjadi pada Chubby. Tuhan tahu semua jerih payah Chubby di kampus tiap semester sampai kecapekan sakit berkali-kali karena ingin cepat lulus. Masa hal ini terjadi sama Chubby? Demikian Chubby protes dan bertanya meminta penjelasan ke Tuhan.

Pagi ini Chubby ke gereja rencananya mau ikut kebaktian umum tapi entah kenapa Chubby akhirnya beralih ke kebaktian remaja. Awal kebaktian everthing seems normal as usual. Tapi ketika mulai pembacaan ayat Alkitab dari Roma 8 : 28 yang berbunyi demikian,
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.
Chubby mulai merasa ada sesuatu yang berubah di dalam hati Chubby. Tuhan turut bekerja dalam segala sesuatu? Berarti masalah si Toshi juga? Dan itu untuk mendatangkan kebaikan? Apa yang dimaksud sih? Dengan hati masih bertanya-tanya tapi tidak meragukan kebenaran Firman Chubby lanjut mengikuti kebaktian. Dan ternyata memang ini Chubby mengikuti kebaktian ini adalah rencana Tuhan menjawab semua pertanyaan dan kegusaran serta protes Chubby beberapa hari terakhir. Bayangkan jika Chubby ikut kebaktian umum apakah Chubby akan mendapatkan penjelasan tentang semua ini? Dan entah kenapa Chubby ikut kebaktian remaja padahal biasanya Chubby males soalnya Chubby merasa terlalu tua untuk ikut kebaktian remaja. Tapi ternyata Tuhan menyapa tidak terbatas tempat dan waktu bahkan walaupun Chubby di kebaktian remaja. Semua penjelasanNya dipertegaskan lagi di Ibrani 12 : 5-11 yang berbunyi demikian,
Dan sudah lupakah kamu akan nasihat yang berbicara kepada kamu seperti kepada anak-anak: "Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan-Nya; karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak."

Jika kamu harus menanggung ganjaran; Allah mmperlakukan kamu seperti anak. Di manakah terdapat anak yang tidak dihajar oleh ayahnya?Tetapi, jikalau kamu bebas dari ganjaran, yang harus diderita setiap orang, maka kamu bukanlah anak, tetapi anak-anak gampang.

Selanjutnya: dari ayah kita yang sebenarnya kita beroleh ganjaran, dan mereka kita hormati; kalau demikian bukankah kita harus lebih taat kepada Bapa segala roh, supaya kita boleh hidup? Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya.

Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.
Semua ayat itu langsung menohok hati Chubby. So this is all You've been doing Dad? Menempa? Langsung Chubby teringat kata-kata bijak dari salah satu tokoh sejarah kenamaan Cina yang terkenal yang berkata kurang lebih begini : lebih baik berilah kail dan ajarlah memancing pada anakmu daripada engkau berikan ikan. Nah, kalau manusia saja berpikir seperti itu untuk mendidik anaknya apalagi didikan Bapa. Now I believe this all happened for a purpose and I believe there is everything happened is for my own good. I'll just need to put my faith on Him.

Selain semua hal di atas ada satu hal lagi yang mewarnai kebaktian Chubby kali ini. Sebuah lagu dengan judul Ku Tak Akan Menyerah diputarkan dengan lirik seperti ini.
DALAM S'GALA PERKARA , TUHAN PUNYA RENCANA
YANG LEBIH BESAR DARI , SEMUA YANG TERPIKIRKAN
APAPUN YANG KAU PERBUAT , TAK ADA MAKSUD JAHAT
S'BAB ITU KULAKUKAN , SEMUA DENGAN-MU TUHAN

REFF :
KU TAK AKAN MENYERAH PADA APAPUN JUGA
SEBELUM KU COBA , SEMUA YANG KU BISA
TETAPI KUBERSERAH KEPADA KEHENDAK-MU
HATIKU PERCAYA TUHAN PUNYA RENCANA
Chubby telah mematri bagian refreinnya di dalam hati Chubby. From now on I promise I'll do everthing I can and surrender it all to You only. Semoga teman-teman semua juga bisa merasakan hal yang sama dengan Chubby. Peace..! (^____^)v



Note : Thanx Dad for all those explanations and teachings. You really are an awesome God and Dad. I Love You. Muaaacch...!

5 comments:

  1. tetep semangat!! do your best and let God do the rest! ^^

    ReplyDelete
  2. @elmo : thanx a lot mo! I'm fighting here (^__^)

    ReplyDelete
  3. Akhirnya bagemana? bisa nggak datanya kembali?

    semoga lancar aja, semoga ini cobaan terakhir. dibalik kesusahan ada kemudahan.. ingak-ingak.. tong.. Eh, ting..

    ndop.co.cc

    ReplyDelete
  4. hoo .. lagi ta ya ?
    suxses yaa .. semangat !!

    ReplyDelete
  5. @naki : iya lagi TA dan stressss...! Hehehe

    @ndop : walah mas, saking sibuknya sampe ga sempat isi biodata akhire tertulis anonymous. Akhirnya datanya balik. Dasar teknisi yang ngebuat ati ilang aja. Ternyata sepandai2nya teknisi yang tau jeroan-nya windows yang microsoft sendiri deh. Akhirnya nemu solusinya dari web-nya microsoft help (^__^)

    ReplyDelete