Tuesday, June 24, 2008

Calculate Bra Size

Finally I posted this article. Chubby udah lama terpikir untuk posting artikel ini cuma pergumulan membayangkan respon lawan gender kalo ngebaca artikel ini. Hehehe. Tapi EGP gitu lho ( ̄へ ̄) I'm a woman and I'm proud for who I am so let's speak about this one ( ^_^)/

Girls and boys, we all know every woman have breasts dan sering kali people misconcept tentang breast size and bra size. So here I am giving you all some knowledge that I think you need to know. Girls, don't get obsessed by your bra size. It means nothing. Boys, dont be blind about bra size. One day you will need to know about this if you want to surprise your wife with buying her a lingerie to wear (^_-) Here is the step to know what is actually your bra size.

Perlu kita ketahui ukuran bra terdiri dari dua hal yakni band size dan cup size. Yang dimaksud dengan band size di sini adalah lingkar dada sedangkan cup size adalah ukuran dari gumpalan lemak yang membentuk payudara itu sendiri. Langkah pertama adalah mengukur band size.
  • Pegang tali pengukur dan lingkarkan di sekitar bra tepat di bawah payudara dan ukur lingkarnya setelah menghembuskan nafas. Kemudian lihat di kaca untuk memastikan tali pengukur telah sejajar dengan lantai. Posisi tali pengukur mempunyai peranan penting di sini. Jika posisinya terlalu tinggi maka ukuran yang didapat akan terlalu besar dan jika terlalu rendah maka ukuran yang didapat akan terlalu kecil.
  • Ketika melakukan pengukuran ini bulatkan hasilnya ke ukuran bulat terdekat. Misalnya 29 3/8" menjadi 29" dan 29 1/2" menjadi 30".
  • Ukuran band size bra semuanya genap. Maka jika hasil pengukuran genap maka tambahkan 4 inchi. Jika hasil pengukuran ganjil maka tambahkan 5 inchi.
  • Hasilnya adalah ukuran band size. Misalnya 33" + 5" = 38" maka band size adalah 38".

Setelah mendapatkan band size maka langkah selanjutnya adalah mengukur cup size. Jangan lupa bahwa band size yang dimaksud di sini adalah band size akhir yakni setelah dilakukan penambahan 4 atau 5 inchi bukan angka asli hasil pengukuran.
  • Ukurlah lingkar dada tepat di bagian terpenuh dari payudara dengan menjaga posisi tali pengukur sejajar dengan lantai. Waktu melakukan pengukuran ini jangan menggunakan bra dengan sumpalan atau bra yang terlalu sempit. Pastikan posisi tengah payudara berada di pertengahan antara pundah dan siku tangan.
  • Lingkarkan tali pengukur sehingga tepat menyentuh daerah dada tapi tidak ketat. Jika salah satu payudara lebih besar daripada yang lain maka berikan sumpalan pada payudara yang lebih kecil supaya besarnya menjadi sama sebelum melakukan pengukuran.
  • Bulatkan hasil pengukuran yang didapat sama seperti pada pembulatan untuk band size.
  • Hitung selisih pengukuran band size dengan cup size. Misalnya 38" - 34"(band size) = 4". Selisih ini yang kemudian kita lihat di tabel untuk menentukan cup size.

Selisih - Cup Size
0"-1/2" (1.3 cm) - AA
1/2"- 1" (2.6 cm) - A
2" (5.1 cm) - B
3" (7.6 cm) - C
4" (10.2 cm) - D
5" (12.7 cm) - DD / E
6" (15.2 cm) - DDD / F
7" (17.8 cm) - G
8" (20.3 cm) - H
9" (22.9 cm) - I
10" (25.4 cm) - J
Contohnya jika hasil pengukuran fisik untuk band size adalah 27 inchi di mana merupakan bilangan ganjil maka angka 27 ini ditambahkan dengan 5 jadi 32 yang merupakan band size untuk bra. Kenapa harus ditambahkan lagi? Chubby ga tau kalo itu harus tanya sama pabrik bra-nya ( ̄(エ) ̄) Tapi satu yang pasti kenapa kalo ganjil harus ditambah 5 sedangkan kalo genap ditambah 4? Jawabannya adalah karena semua bra yang dicetak dalam ukuran genap saja tidak ada ganjil. Kalo tidak percaya silahkan cek ke toko underwear ( ^^)Kemudian jika telah didapat ukuran lingkar dada di bagian paling menonjol adalah 34 inchi maka selisihnya dengan band size adalah 34-32 = 2 inchi di mana termasuk cup B. Cukup mudah bukan? ヘ(^_^ヘ)(ノ^_^)ノ Selamat mencoba-jika mungkin untuk dipraktekkan. ヾ(^∇^)


9 comments:

  1. Hmm.. mungkin bisa diperjelas dgn menggunakan contoh kasus (katakan si X), lampirkan angka2 pengukuran dari si X, lalu sampai pada hasil akhir / kesimpulan ukuran bra yg harus dipilih si X.

    Soalnya aku masih bingung dgn penambahan 4-5 inch itu, apa ga jadi terlalu longgar ? (maklum masih cupu hehe). Thx.

    ReplyDelete
  2. @Jie : Ou yang penambahan 4-5 inci itu supaya ntar cocok sama ukuran bra yang dijual di toko. Mgkn Jie bingung karena itu dalam inchi. Ok Chubby tambahkan contohnya abis gini.

    Begini, biasanya ukuran bra dijual di toko (bisa dilihat di labelnya) tertulis 75 B atau 80 A atau 70 B. Nah 70, 75 dan 80 ini menandakan lingkar dada atau band size dalam centimeter. Sedangkan A, B itu menunjukkan cup size.

    Bisa dilihat di sini intervalnya 5. Nah gimana dengan orang yang band sizenya ga pas? Caranya adalah dilakukan pembulatan ke ukuran terdekat. Pada bra disediakan kurang lebih 3 kait dengan jarak antar kait adalah 1-1,5 cm sehingga jika band size tidak persis pada interval ukuran maka tidak akan jadi masalah.

    ReplyDelete
  3. Waaaa!

    *ambil meteran*

    *ngukur*

    :oops:

    ReplyDelete
  4. @Mi_Chan : Ooppss...?? Kalo udah tahu barternya antar lawan sejenis aja yah drpd ntar ngebuat jantung lawan jenis berdebar-debar. Hehehehe.

    ReplyDelete
  5. gw ga perna ngukur2 sihh , yang penting enak dipakai , mweheheh

    ReplyDelete
  6. Isin rek....
    hehehehe ^^
    males ngukur pisan :P

    ReplyDelete
  7. @naki : kalo udah ada merk dan ukuran langganan yang pas di badan napa bingung? ^_^

    @rere : ati2 yah...wearing the wrong bra will give big effect on ur breast both on appearance and healty. Udah pernah dibahas di Oprah kan tante. ^_^

    ReplyDelete
  8. Ow.. jadi untuk contoh perhitungan diatas hasil akhirnya 32B gitu ?

    Now Im an expert hehe.. :P

    ReplyDelete
  9. @Jiewa : Wakaka...bagus deh kalo Jie dah jadi expert. Udah bisa kawin and beliin lingerie buat istri tercinta. Hehehe ^_^

    ReplyDelete