Wednesday, June 4, 2008

Be Aware Of CTS...!

Ada yang hobinya di depan komputer sampai berjam-jam?? Yap, Chubby termasuk salah satunya. Hehehe. Kalo sudah lagi kerja tugas bisa empat jam non stop di depan monitor. Tak terasa sudah empat tahun kebiasaan itu terbentuk semenjak kuliah di jurusan IT mau tidak mau terpaksa sering berada di depan monitor. Hari ini waktu Chubby baca koran dan baca situs menemukan beberapa hal yang perlu diberi perhatian banget terutama buat kita yang sering banget berlama-lama di depan monitor. Chubby pernah ngebut deadline proposal proyek sampai seharian di depan komputer, beranjak dari komputer cuma buat makan, minum, dan mandi. Waktu itu Chubby merasakan tangan Chubby sakit sekali. Jari-jari tangan ini dibuat ngetik udah sambil cekot-cekot. Chubby sudah menyangka kalo itu akibat terlalu banyak ngetik dan kurang istirahat tapi mau gimana lagi deadline udah mepet banget. Waktu itu Chubby berpikir toh sakit cuma sementara aja besok kan bisa istirahat. Ternyata pemikiran itu salah besar. Dengan memforsir tangan kita maka besar kemungkinan kita terserang CTS (Carpal Tunnel Syndrome).


CTS adalah penyakit yang terjadi pada pergelangan tangan serta jari yang disebabkan oleh tekanan yang sering terjadi pada bagian tersebut. Dan biasanya sering diakibatkan karena terlalu sering memakai keyboard dan mouse. Walaupun banyak penyebab lainnya tetapi penggunaan komputer yang terlalu sering menjadi penyebab penyakit persendian tangan ini. Gejala-gejalanya antara lain sering pegal atau nyeri pada pergelangan tangan maupun jari tangan (ibu jari, jari telunjuk, jari tengah).


Menurut penelitian, wanita beresiko 3 kali lipat terkena CTS dibanding pria. Entah kenapa demikian tapi mungkin karena struktur genetika wanita. Seseorang yang terkena CTS dan dibiarkan saja bisa menyebabkan putusnya urat-urat sendi pergelangan tangan sehingga tangan tidak dapat berfungsi secara normal bahkan tidak bisa digerakkan sama sekali. Nah, ngeri banget kan bahayanya. Jika sudah sampe level parah maka satu-satunya jalan adalah dengan operasi. Tapi operasi pun tidak menjamin untuk tidak terulangnya terkena CTS.




Nah di bawah ini adalah gambar yang menunjukkan posisi duduk yang benar untuk mencegah CTS.

2 comments:

  1. Berarti mestinya kuliah di iSTTS harus ada asuransinya, yah... ^^

    ReplyDelete
  2. Haruss...! Setuju..! Hehehe...soale ga mgkn kurangi jam duduk di depan komputer...tugas berjibun gitu =p

    ReplyDelete