Thursday, June 5, 2008

Gambas Untuk Mencuci Di Dapur

Hari ini Chubby terinspirasi untuk membagi tips-tips untuk teman-teman biar bisa lebih hemat. Karena BBM naik maka semua jadi mahal tapi daripada demo dan mengeluh saja lebih baik kita semua belajar hemat sama-sama kan. Toh demo juga tidak akan menurunkan harga BBM. Pemerintah terpaksa kok menaikkan harga BBM bukan untuk cari untung. Malaysia aja sudah menaikkan harga sebesar 40%. Harusnya kita bersyukur kenaikan BBM tidak sedrastis itu. Nepal juga mengalami krisis karena terlalu memaksakan mensubsidi harga BBM walaupun harga minyak dunia sudah naik berkali lipat sampai akhirnya pemerintah tidak bisa lagi membeli minyak dan stok minyak untuk kebutuhan dalam negerinya hanya mampu mensuplai selama enam hari ke depan. Bisa kebayang gimana industri bisa berjalan kalau ngga ada BBM...?

Nah, back to tips hemat. Selama ini Chubby sering lihat di dapur orang-orang pakenya spons hijau (buat cuci piring) yang banyak dijual di supermarket. Nah, kalo membandingkan harga spons hijau tersebut dengan durasi pemakaiannya kok rasanya mahal yah. Spons itu kan mudah hancur, dipakai sebentar aja udah harus beli lagi. Apakah ada bahan lain yang bisa dipakai buat cuci piring?? Jawabnya ada.


Kita bisa menggunakan gambas yang sudah dikeringkan sebagai pengganti spons hijau yang biasa kita gunakan untuk mencuci. Gambas ini bisa dicari dengan mudah di pasar-pasar tradisional dengan harga murah. Satu buahnya ukuran yang cukup besar hanya seharga 5000 rupiah untuk sebuah gambas kering yang bisa kita potong-potong sendiri menjadi beberapa bagian yang lebih kecil untuk mencuci. Kalau membeli yang ukuran sedang satu buah gambas kering ini bisa kita bagi menjadi tiga bagian untuk tiga kali pakai dengan durasi sekali pemakaian bisa bertahan beberapa bulan. Murah banget kan kalo dibandingkan daya pakai dan harganya spons hijau di supermarket. Ketika kering gambas ini memang terasa kasar tapi setelah direndam air beberapa saat gambas ini akan lebih lunak dan tidak menyakiti tangan ketika digunakan untuk mencuci piring. Walaupun hanya berupa gambas yang dikeringkan tapi bahan ini jauh lebih tahan lama daripada spons hijau yang biasa kita beli di supermarket dan satu yang pasti adalah lebih ramah untuk lingkungan karena ampasnya mudah diolah. Jadi selain menghemat kita juga mendukung pemeliharaan bumi. Nah, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui kan..! (^_^)b

1 comment: